Tips Memilih Pekerjaan yang Tepat

Ketika Anda mulai mempersiapkan diri mencari pekerjaan, penting untuk menentukan pilihan karier Anda sehingga tidak membuang waktu untuk mencoba-coba. Yang penting adalah merencanakan, mempersiapkan dan melakukan penelitian untuk menentukan arah karier yang tepat. Untuk itu, tanyakan pada diri sendiri 4 hal penting di bawah ini :

1. Apa karier yang sesuai dengan gaya hidup Anda?
Kerja merupakan salah satu aspek kehidupan. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan hidup Anda, bukan sebaliknya. Dengan menentukan visi hidup yang diinginkan, akan mempermudah untuk menentukan pilihan pekerjaan yang sesuai dengan visi hidup Anda. Apakah Anda lebih memilih bekerja di perusahaan besar, dan memiliki banyak staff, atau memilih bekerja dengan team yang lebih kecil? Apakah yang membuat Anda lebih bahagia, apakah bekerja di kantor atau di lapangan? Apakah Anda merasa lebih berprestasi bekerja dengan rekan-rekan kerja di kantor ataukah Anda lebih senang dapat bekerja secara paruh waktu dari rumah?

2. Apa bakat dan keahlian yang Saya miliki?
Carilah pekerjaan yang Anda rasa dapat memaksimalkan keahlian dan kemampuan yang dimiliki. Apakah Anda memiliki keahlian dalam menjual? Atau Anda kreatif dalam design? Berbakat dalam olahraga? Atau Anda dapat memasak seperti seorang ahli ataukah Anda ahli dalam bercocok tanam?

3. Apa yang Anda senang lakukan? 
Ketika Anda benar-benar menyenangi pekerjaaan yang dilakukan, Anda tidak akan merasa bekerja. Temukan minat atau hal-hal yang disukai. Apakah menyukai mengajar anak-anak kecil dan membentuk kepribadian mereka? Ataukah Anda lebih tertarik kepada hal-hal yang bersifat pelayanan umum? Apakah kreatifitas merupakan minat utama Anda? Ataukah Anda lebih senang bekerja di lingkungan rumah yang tenang?

4. Apa hal yang tidak Anda sukai dari bekerja? 
Tanyakan pada diri sendiri hal-hal yang paling tidak disukai, apa yang membuat Anda bosan? Hal ini akan membantu untuk fokus. Apakah Anda merasa tidak nyaman untuk membuka percakapan dengan orang yang baru Anda kenal? Apakah hal-hal yang bersifat teknis membuat Anda mengantuk? Apakah Anda tidak menyukai menjadi pusat perhatian? Apakah Anda membenci hal-hal yang tidak bersifat tidak terduga?

Setelah menulis jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, lihat kembali dan temukan kecocokan satu sama lain atas semua jawaban tersebut. Itu akan memberikan Anda gambaran Siapa diri Anda yang sebenarnya, Bagaimana kehidupan ideal yang Anda inginkan? Apa keahlian yang Anda miliki dan naik turunnya pekerjaan Anda.

Kemudian, buka pikiran Anda. Mulailah mencari pekerjaan yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Dekati teman-teman, profesional dan kenalan yang memiliki pekerjaan yang Anda minati. Mintalah informasi tentang pekerjaan mereka. Tujuan Anda adalah untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa sebenarnya yang mereka lakukan dalam pekerjaannya, dan bayangkan apakah Anda benar-benar ingin bekerja seperti mereka. Dari temuan itu, Anda dapat mulai lebih memahami pencarian pekerjaan impian Anda.

Pilihan karier Anda haruslah tergantung pada kebahagian Anda dalam bekerja, penghargaan yang sesuai dan kesempatan untuk sukses.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara menulis komentar
1. Ketik komentar Anda pada Kolom dibawah
2. Pilih account login Anda (Email)
3. Klik 'Poskan Komentar'
Saya harap Anda jangan berkomentar dengan bentuk SPAM, karena tidak akan dipublikasina. Jika Anda ingin menautkan link Blog, silakan be Follower (Baca:Cara menjadi followers blog)

Lebih diutamakan pada komentar yang bersifat ingin tahu (bertanya).