Memaknai Hidup Agar Hidup Lebih Hidup

Dengan mengetahui makna hidup, maka kita bisa menjalani hidup ini dengan penuh semangat dan penuh motivasi, sehingga tidak ada yang namanya keluhan dan atau putus asa. Hidup pun lebih bermakna dan berarti, berati bagi diri, orang lain, dan juga lingkungan disekitar kita.

Hidup menurut Kitab Suci Alquran ada beberapa yang terkandung, diantaranya:
  1. Hidup adalah ibadah (Qs. Adz Dzaariyaat:56)
  2. Hidup adalah Ujian (Qs. Al Mulk:2 dan Qa Al Baqarah:155-156)
  3. Kehidupan di Akhirat lebih baik daripada kehidupan di dunia (Qs Al Imran:14 dan Qs Adh Dhuha:4)
  4. Hidup adalah sementara (Qs al Mu’min:39 dan Qs Al Anbiyaa:35)
Menyelaraskan hidup dengan makna hidup sebagaimana yang terkandung dalam alquran adalah:
  1. Jika hidup itu adalah ibadah, maka pastikan semua aktivitas kita adalah ibadah. Caranya ialah pertama selalu meniatkan aktivitas kita untuk ibdah serta memperbaharuinya setiap saat karena bisa berubah. Kedua, pastikan apa yang kita lakukan sesuai dengan tuntunan dan tidak dilarang oleh syariat.
  2. Jika hidup itu adalah ujian, maka tidak ada cara lain menyelaraskan hidup kita, yaitu menjalani hidup dengan penuh kesabaran
  3. Jika hidup akhirat lebih baik, maka kita harus memprioritaskan kehidupan akhirat. Bukan berarti meninggalkan kehidupan dunia, tetapi menjadikan kehidupan dunia sebagai bekal menuju akhirat.
  4. Jika hidup ini adalah sementara, maka perlu kesungguhan dalam beramal. Tidak ada lagi santai, mengandai-andai, panjang angan-angan, apalagi malas karena kita hidup itu tidak selamanya. Bergeraklah sekarang, bertindaklah sekarang, dan berlomba-lombalah dalam kebaikan. Life is Move on
"Sesungguhnya, apa yang dalam alquran, tidak diragukan kebenarannya. Maha benar Allah dengan segala firmannya. Ibadahku, sholatku, hidupku, matiku, hanya untuk dan karena Allah SWT. "
Referensi and repost : http://www.motivasi-islami.com/mencari-makna-hidup-agar-hidup-lebih-bermakna/

3 komentar:

Cara menulis komentar
1. Ketik komentar Anda pada Kolom dibawah
2. Pilih account login Anda (Email)
3. Klik 'Poskan Komentar'
Saya harap Anda jangan berkomentar dengan bentuk SPAM, karena tidak akan dipublikasina. Jika Anda ingin menautkan link Blog, silakan be Follower (Baca:Cara menjadi followers blog)

Lebih diutamakan pada komentar yang bersifat ingin tahu (bertanya).