Membangun Kepercayaan Orang Lain


Sebagai manusia yang sadar akan kebutuhan dan keterbatasan, maka manusia itu akan memiliki prinsip hidup sosial. Jelas sudah dan tidak lagi bisa untuk dipungkiri, bahwa kehidupan manusia dibumi ini tidak sendiri walaupun secara personal kita memang makhluk individu.


Menyinggung mengenai "kebutuhan dan keterbatasan" kita selaku manusia, maka dalam mencari dan mewujudkan apa yang kita inginkan untuk menutupi kebutuhan dan keterbatasan itu, kita memerlukan yang lain (orang, benda---lingkungan) yang pada akhirnya pada kata saling-kerjasama. Sehingga timbul suatu kata yaitu "Kepercayaan".

Mengapa demikian?

Karena jika seseorang sudah percaya pada kita, apapun yang kita inginkan pasti dia bisa membantu. Adapun untuk membangun kepercayaan orang lain terhadap kita menurut saya, yaitu:

1. Character
Character (kepribadian) dimana yang bisa memberikan pandangan baik (positif thinking) seperti moral, rasa tanggung jawab, dan jiwa yang kooperatif (kerjasama).

2. Capacity
Capacity (kemampuan) dimana kita memiliki kemampuan untuk melakukan apapun sehingga terjalin hubungan kerjasama yang saling percaya. Hal ini berkaitan dengan skill dan modal.

3. Capital
Capital (modal) menjadikan salah satu untuk membangun kepercayaan, karena patut kita ketahui dalam prinsip "saling percaya" adalah untuk mencari keuntungan.

4. Environment
Environment (lingkungan) merupakan hal yang sangat berpengaruh pada sikap dan sifat makhluk itu berada. Oleh karena itu, hal ini menjadi sudut pandang tersendiri untuk seseorang mulai percaya pada orang lain.

5. Collateral
Collateral (jaminan) merupakan awal adanya suatu kepercayaan, Hal ini bisa berrupa ucapan ataupun apa pun yang mana rasa percaya bisa tumbuh.

Dari semua yang saya uraikan di atas satu hal yang menjadi saya bisa hidup menjadi pribadi sosial yang baik adalah nilai moral dan pendidikan yang disertai prinsip hidup untuk saling menguntungkan satu sama lain.

"Jadilah pribadi yang berguna baik bagi diri, keluarga, bangsa, negara, dan agama".

0 komentar:

Posting Komentar

Cara menulis komentar
1. Ketik komentar Anda pada Kolom dibawah
2. Pilih account login Anda (Email)
3. Klik 'Poskan Komentar'
Saya harap Anda jangan berkomentar dengan bentuk SPAM, karena tidak akan dipublikasina. Jika Anda ingin menautkan link Blog, silakan be Follower (Baca:Cara menjadi followers blog)

Lebih diutamakan pada komentar yang bersifat ingin tahu (bertanya).