Tanda Orang Bersifat Ikhlas

Pengertian Ikhlas
Ikhlas ialah menyengajakan perbuatan semata-mata mencari keridhhaan (atas nama) Tuhan dan memurnikan perbuatan dari segala bentuk kesenangan duniawi. Dengan demikian, perbuatan seseorang benar-benar tidak dicampuri oleh keinginan yang bersifat sementara, seperti keinginan terhadap kemewahan, kedudukan, harta, popularitas, simpati orang lain, pemuasan hawa nafsu, dan penyakit lainnya (penyakit hati, dll).

Tanda-tanda keikhlasan itu sangat banyak, karena dapat dilihat dari kehidupan, perilaku, dan persepsi seseorang, baik terhadap dirinya maupun terhadap orang lain. Berikut dikemukakan beberapa tanda tersebut (saya kutip dari buku "Ikhlas sumber kekuatan Islam" oleh DR. Yusuf Qardhawi, Gema Insani Press; Jakarta, 1996).

1. Takut akan popularitas.
Seorang yang ikhlas senantiasa merasa khawatir dirinya popular (terkenal), karena ia sadar bahwa perbuatan yang dinilai Tuhan adalah perbuatan yang didasarkan pada apa yang ada di dalam hati, bukan semata-mata berdasarkan apa yang tampak.
Imam Ibnu Syihab az-Zuhri berkata, "Sedikit sekali kami melihat orang yang tidak menyukai kedudukan dan jabatan. Seseorang bisa saja menahan diri dari makanan, minuman, dan harta. Namun ia tidak sanggup menahan diri dari iming-iming kedudukan. Bahkan, ia tidak segan-segan merebutnya meskipun harus menjegal kawan atau lawan"
Pada hakikatnya popularitas itu tidak tercela oleh Islam. Yang dilarang ialah meminta nama kita dipopularkan, meminta jabatan, dan bersikap rakus terhadap kedudukan yang pada kahirnya muncul perselisihan. Adapun jika semua itu kita dapatkan tanpa meminta atau kita tidak berambisi meraihnya, maka hal itu tidak mengapa.

2. Mengakui kekurangan diri.
Seorang yang ikhlas selalu merasa dirinya banyak kekurangan di sisi (pandangan) Tuhan. Ia selalu merasa belum maksimal dalam menjalankan berbagai kewajiban (kebaikan dan ibadah) yang dibebankan kepadanya. Hatinya tidak pernah terjangkit penyakit bangga (ujub, ria, takabur) terhadap amal perbuatan maupun status dirinya (hal yang mengakibatkan sombong).
Mengakui kekurangan diri bukan berarti merendahkan diri. Dalam hal ini seperti kata pepatah "Padi berisi semakin menunduk".


3. Cenderung menyembunyikan amal kebajikan
Orang yang tulus ikhlas lebih menyukai amal perbuatan yang tidak diketahui oleh pihak lain daripada amal yang gaungnya terdengar dimana-mana. Ia lebih suka tergabung dalam kelompok akar pohon, artinya akar itu merupakan tulang punggung (fondasi) pohon, dan hidup matinya pohon sangat tergantung pada akar, sedangkan akar pohon sendiri tidak terlihat oleh manusia karena tertanam di perut bumi. (Waspada akan kekuatan pemain dibelakang layar---itulah seruan musuh)

4. Menyamakan tugas atasan dengan bawahan.
Menurut pandangan seorang yang tulus ikhlas, tugas yang diemban oleh seorang atasan sama dengan yang dipikul seorang bawahan (tidak mempopularkan atau menonjolkan perbedaan jabatan dan kedudukan dengan berperinsip "ringan sama dijinjing, berat sama dipikul"). Ia lebih mengutamakan bawahannya karena ia khawatir dirinya tidak bisa maksimal menjalankan tugas-tugas bersama. Sehingga tugas tersebut dijalankan dengan sebaik-baiknya tanpa ada kesenjangan kerja.

5. Mengutamakan keridhaan Tuhan daripada keridhaan Manusia
Seseorang yang tulus ikhlas tidak hanya mencari keridhaan manusia, karena manusia memiliki keterbatasan. Tidak seperti halnya Tuhan Yang Maha Kuasa, yang memiliki sifat kemaha sempurnaan.

6. Cinta dan marah karena Tuhan
Ia menjadikan cinta dan marahnya, pemberian dan penolakannya, ridha dan marahnya karena kecintaan pada Tuhan dan keinginan membela agama, negara (kepentingan bersama). Sikapnya tidak sama dengan sikap orang-orang yang senang mengeruk keuntungan duniawi. Ia lebih mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan diri sendiri (human-society).

7. Sabar terhadap panjangnya jalan
Orang yang ikhlas akan tetap sabar, tegar meskipun jalan yang hendak ditempuh masih jauh dan banyak rintangan. Walaupun kemenangan dirasakan masih belum pasti, kesuksesan masih jauh dari harapan. Semua rintangan dan tantangan tidak menyebabkan ia malas, letih, dan putus asa sehingga berhenti di tengah jalan. Ia berjuang dan berusaha bukan hanya untuk kepopularan dari manusia, akan tetapi demi kebajikan dan keridhaan dari tuhannya.

8. Merasa gembira jika kawannya memiliki kelebihan
Seseorang yang memiliki sifat ikhlas akan merasa senang dengan kawannya yang memiliki kelebihan. Ia akan memberi kesempatan kepada orang lain yang mempunyai kemampuan memadai untuk ikut mengambil bidang keahliannya. Ia mempersilakan orang itu tampil dan berperan memobilisasi dengan jabatannya tanpa merasa iri hati atau mendendam. Tidak seperti sekarang, merasa dirinya paling berpengalaman sehingga hatinya tertutup bahwa masih banyak orang lain yang lebih pintar dari pengalamannya. (selama visi dan misi masih sama, mengapa harus saling berebut kekuasaan, biarlah yang lebih pintar dan fresh yang memegang kendali dan yang tua/berpengalaman untuk membimbing, menasehati).
Dalam sebuah syair:
"Alangkah baiknya Anda tetap manis, sedangkan kehidupan penuh dengan kepahitan;
Alangkah indahnya bila Anda selalu ridha, sementara orang lain sedang marah;
Betapa baiknya di antara aku dan kamu terjalin hubungan harmonis, sedangkan di antara diriku dan dunia terdapat kehancuran;
Bila Anda benar-benar mencintai sesuatu, maka semuanya terasa mudah;
Dan yang di atas tanah adalah tanah."

2 komentar:

  1. Songs by Sam Smith, Jennifer Lopez, Brian Wilson, Lady Gaga and Diane Warren and scores by Carter Burwell, Danny Elfman and the still-Oscarless Thomas Newman are among the nominees for the sixth annual Hollywood Music in Media Awards, the only awards show specifically devoted to the celebration of music in visual media (film, TV, video games, commercials macys michael kors and trailers), The Hollywood Reporter has learned exclusively. Winners will be revealed during a ceremony at The Fonda Theatre in Hollywood on Nov. 11.
    Kors told the Associated Press that the collection was inspired his three safari trips to Africa.Of the garments, New York michael kors outlet online sale Times style critic Cathy Horyn tweeted, "Michael Kors: a festival or Braveheart without the tartan?"Her colleague, Eric Wilson, was even more blunt: "The collection looked more like hillbillies on safari. The clothes he showed, on a runway covered in burlap, were torn and ripped, michael kors outlet sewn in crude patchworks, or just dirty looking. His cashmere sweaters had holes in them. There were a lot of animal prints on shifts and a trench and, curiously, a shoe that could be described as an open-toe desert boot."
    Friends say Rooney was michael kors uk ill-equipped to be an independent adult, which he was forced to become after the war ended and he parted ways with MGM, founding his own production company with a business partner. Thus began decades of reckless spending and gambling; bad investments and failed get-rich-quick michael kors stores schemes (like Mickey Rooney Macaroni); alcoholism and pill-popping; and, famously, marriages and divorces, which cost him a pretty penny in alimony. (Rooney did not divorce his fifth wife, Carolyn Mitchell; she was murdered by a rumored lover in 1966 in their home when he michael kors sale was out of town.) Left in the wake of this were 10 children with whom Rooney elected to have little contact; indeed, in his 1991 autobiography, he devoted more words to his pets than his kids.
    Facebook will test a new "shopping" section (located michael kors outlet online store 49.00 outlet under the "More" tab) among a small fraction of users, WWD reports. Based on brands a user has "liked," the shopping bookmark will show an aggregation of products that a user can browse through — all without leaving the site. Retailers using the shopping michael kors sale feature will have the option of allowing customers to purchase directly within Facebook or to transfer customers to their individual site.
    Yet Jan, Chris, Christina,

    BalasHapus
  2. We’re not sure what, if anything, inspires this colorful new Air Jordan 1 High for girls, but it jordans 2016 certainly is a unique new take on the classic silhouette. With a Deep Royal Blue canvas base, the upper is also interwoven with a rainbow of colors to go along with the grey Swooshes and ankle panels jordans shoes and bright orange inner lining for one of the most unique Air Jordan 1 color blocks ever. The Air Jordan 11 Retro 72 10 yound ladies feeling this new-look Air Jordan 1 can find them arriving now at select Jordan Brand retailers jordans for sale like Oneness.
    The Air Jordan 1 had the benefit of its 30th anniversary last year, with a number jordan 13 of OG colorways being brought back in “Remastered” form. That being said, some of the most iconic looks cheap jordans were saved until this year, as the Bred 1s and Royal 1s will hit retailers later this autumn. http://www.cheapjordansshoesforsale2016.com In the meantime, both boys and girls will be treated to a number of new creations, as a cheap jordans for sale trio of Air Jordan 1 Highs are available right now from select shops. Two Bred and Royal-esque pairs cheap jordan shoes feature a unique color blocking with nubuck toecaps interrupting solid tumbled leather throughout. Each pair is available today jordan 11 legend blue from Kentucky’s own Oneness.

    BalasHapus

Cara menulis komentar
1. Ketik komentar Anda pada Kolom dibawah
2. Pilih account login Anda (Email)
3. Klik 'Poskan Komentar'
Saya harap Anda jangan berkomentar dengan bentuk SPAM, karena tidak akan dipublikasina. Jika Anda ingin menautkan link Blog, silakan be Follower (Baca:Cara menjadi followers blog)

Lebih diutamakan pada komentar yang bersifat ingin tahu (bertanya).