Sebab Mengapa Manusia Menangis

Mengapa menangis dan apa saja sebab manusia menangis? Mengapa manangis selalu mengucurkan air mata dan mengeluarkan suara tersedu-sedu? Menangis asal kata tangis yang berarti ungkapan perasaan sedih (kecewa, menyesal, kesakitan, dsb) dengan menucurkan air mata dan mengeluarkan suara (tersedu-sedu, menjerit-jerit, dsb)[read: arti kata KBBI].
Menangis merupakan ekspresi dari emosi baik itu rasa sedih, senang, yang mana hal ini adalah wajar. Menurut ahli psikologi, bahwa menangis itu baik bagi kesehatan seseorang.
  1. Menangis adalah ekspresi dari emosi yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan. Hal ini dipicu karena air mata yang keluar saat menangis mengandung zat mangan dan hormon prolaktin yang cenderung meningkat ketika seseorang dilanda frustrasi/depresi. Keluarnya kedua zat tersebut dari tubuh secara otomatis menurunkan depresiyang tengah diderita.
  2. Ada 3 jenis air mata. Pertama, air mata basal yang diproduksi untuk melubrikasi mata secara teratur. Kedua adalah air mata ya3ng keluar secara refleks karena dipicu oleh iritasi yang dapat terjadi oleh pengaruh bawang atau lainnya. Yang ketiga adalah air mata yang keluar karena pengaruh emosi. Jenis air mata terakhir inilah yang memiliki zat mangan dan hormon prolaktin tertinggi. Jadi, ketika seseorang menangis karena emosi yang melanda dirinya, keluarnya air mata tersebut secara naluriah mengurangi perasaan depresi yang ada hingga tubuh mencapai kondisi stabil.
  3. Menangis yang sehat adalah menangis sepuasnya hingga rasa sedih atau beban emosi yang membebani terasa berkurang. Dengan begitu, usai menangis akan timbul perasaan nyaman.[read original text]
Dengan alasan apapun Anda menangis yang jelas menangislah bila Anda ingin menangis, dengan catatan jelas sebabnya (baik karena sedih, senang, dll) karena jika tanpa ada sebab dan tiba-tiba Anda menangis, maka Anda perlu berobat.

Alasan dan sebab lain manusia menangis.
1. Kehilangan Sesuatu Yang Berharga
Kehilangan seseorang yang dicintai baik karena ditinggal mati isteri tercinta maupun ditinggal putus sama pacar rasanya sangat menyedihkan di mana rasanya seperti hidup sudah tidak adil. Contoh lainnya yaitu seperti kita kehilangan banyak uang, kehilangan anggota tubuh penting, kehilangan kesucian, dan lain-lain.

2. Pura-Pura / Sandiwara / Acting
Terkadang orang pura-pura sedih dan menangis untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Tangis pura-pura biasa dilakukan oleh para aktor dan aktris yang sedang melakukan shooting serta para penipu ulung yang sedang beraksi memperdaya korbannya.

3. Sakit Mata / Gangguan Mata
Mata yang sedang kena penyakit atau gangguan tertentu bisa saja mengeluarkan banyak air mata yang membuat terlihat seperti sedang nangis. Contohnya ketika mata sedang belekan biasanya mata kita banyak mengeluarkan air mata. Bisa juga disebabkan oleh mata kena colok benda asing yang menyebabkan mata jadi sakit dan berair berlinang air mata.

4. Teringat / Terkenang Masa Lalu
Mengingat masa lalu bisa jadi membuat seseorang menjadi sedih dan menangis. Contohnya seseorang yang sedang melihat foto anaknya yang sudah lama hilang, seseorang yang ingat masa bahagia sewaktu masih sekolah dulu, ingat kehangatan keluarga saat masih utuh, dan lain sebagainya.

5. Terharu Karena Senang Yang Luar Biasa
Misalnya jika seseorang yang ingin pergi haji namun tidak mampu, tiba-tiba ada donatur yang baik hati menghadiahi orang itu pergi haji maka orang yang diberi paket haji itu bisa jadi mengangis karena senang tingkat tinggi yang membuatnya seperti orang yang sedang menangis.

6. Memiliki Masalah Yang Rumit
Orang yang sedang punya masalah besar bisa jadi stress dan depresi sehingga mebuat mentalnya tidak stabil. Jika gagal dalam menyelesaikan masalah yang pelik, maka bisa membuat menangis karena merasa sulit untuk menjalani hidup ini dan tidak ada yang membantu menyelesaikan masalah yang ada.

7. Gangguan Jiwa
Orang gila biasanya jiwanya tidak stabil sehingga orang gila ini bisa saja tertawa, menangis, terharu, terkejut, terperangah, terkesima, cengengesan, marah, takut, dan lain sebagainya jadi satu. Sebaiknya anda tidak meniru hal ini karena dianggap tidak baik kecuali karena alasan penting

0 komentar:

Posting Komentar

Cara menulis komentar
1. Ketik komentar Anda pada Kolom dibawah
2. Pilih account login Anda (Email)
3. Klik 'Poskan Komentar'
Saya harap Anda jangan berkomentar dengan bentuk SPAM, karena tidak akan dipublikasina. Jika Anda ingin menautkan link Blog, silakan be Follower (Baca:Cara menjadi followers blog)

Lebih diutamakan pada komentar yang bersifat ingin tahu (bertanya).