Tips Belajar dalam Menghadapi Ujian Sekolah

1. Berdoalah kepada Tuhan dan mohon restu kepada orang tua
Setiap keberhasilan ada keikutsertaan Sang Pencipta di dalamnya. Berdoalah agar diberi kemudahan dalam menghadap ujian. Selain itu, jadikan ujian sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua tercinta. Oleh karena itu, mintalah restu kepada orang tua sebelum ujian agar diberi kemudahan dan kelancaran.

2. Perbanyak latihan soal
Berlatih mengerjakan soal akan membuat Anda terbiasa menghadapi beragam soal. Dengan sering berlatih, penguasaan Anda terhadap materi semakin baik. Anda tidak akan cemas atau grogi dalam menghadapi soal ujian.

3. Belajar kelompok
Dengan belajar kelompok, Anda dapat berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan masalah soal dan saling menguatkan motivasi belajar. Manfaatkan waktu Anda dengan belajar secara kelompok.

4. Biasakan bersikap jujur dan sportif
Ujian merupakan ajang yang sangat prestisius. Tidak mengherankan jika ada yang melakukan tindakan tidak terpuji dalam melaksanakan ujian. Misalnya, membeli bocoran soal atau melakukan kecurangan saat ujian. Hindari tindakan-tindakan seperti itu. Bersikaplah jujur dan sportif, niscaya Tuhan akan memberi kemudahan.

5. Hindari belajar sistem kebut semalam
Belajarlah jauh-jauh hari sebelum ujian tiba. Jangan menggunakan sistem kebut semalam, yaitu belajar keras saat ujian sudah dekat. Justru pada hari-hari mendekati ujian, badan dan pikiran harus rileks. Jaga kondisi tubuh Anda dengan makan makanan yang bergizi dan beristirahat yang cukup.

6. Hindari kegiatan yang bisa menganggu konsentrasi belajar
Untuk sementara tinggalkan dulu kegiatan/kesenangan/hobi yang bisa mengganggu konsentrasi belajar seperti: bermain game, chatting internet, dan menonton televisi, dan bahkan pacar....
Saya persembahkan tulisan ini dan saya doakan kepada adik ku (Ajat Sunarja) dan ponakan ku (M. Debba) tercinta, semoga sukses dan lulus ujian tahun ini, ikutilah langkah prestasi dari kakak-kakak mu. Buatlah bangga Orang tua kita. Amie...n

0 komentar:

Posting Komentar

Cara menulis komentar
1. Ketik komentar Anda pada Kolom dibawah
2. Pilih account login Anda (Email)
3. Klik 'Poskan Komentar'
Saya harap Anda jangan berkomentar dengan bentuk SPAM, karena tidak akan dipublikasina. Jika Anda ingin menautkan link Blog, silakan be Follower (Baca:Cara menjadi followers blog)

Lebih diutamakan pada komentar yang bersifat ingin tahu (bertanya).