Blog Karawang

Kabupaten Karawang, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Karawang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor di barat, Laut Jawa di utara, Kabupaten Subang di timur, Kabupaten Purwakarta di tenggara, serta Kabupaten Cianjur di selatan.

Penduduk umumnya adalah suku Sunda yang menggunakan Bahasa Sunda, tetapi di Karawang terdapat beberapa bahasa dan budaya diantaranya budaya dan bahasa Betawi di daerah utara Karawang tepatnya sebagian Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Pakisjaya serta bahasa Jawa Cirebonan di jalur Utara Kecamatan Tempuran Kecamatan Cilamaya. Masyarakat pada umumnya memiliki mata pencaharian yang beragam, tetapi banyak yang bekerja sebagai petani.

Kabupaten Karawang terdiri atas 30 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Karawang Barat.

Potensi
Di Kabupaten Karawang berdiri beberapa Kawasan Industri, antara lain Karawang International Industry City KIIC, Kawasan Surya Cipta, Kawasan Bukit Indah City atau BIC di jalur Cikampek (Karawang).
Salah satu industri strategis milik negara juga memiliki fasilitasnya di deretan kawasan industri tersebut, yaitu Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (http://www.peruri.co.id/) yang mencetak uang kertas, uang logam, maupun dokumen-dokumen berharga seperti paspor, pita cukai, materai dan lain sebagainya. [original text read]

Di bidang pertanian, Karawang terkenal sebagai lumbung padi Jawa Barat.
Dengan melihat potensi yang dimiliki Karawang, maka Karawang merupakan salah satu Kota Penyokong Ibu Kota yang mana, jelas mulai adanya kemajuan kehidupan dan tarap hidup masyarakatnya. Hal ini juga signifikan dengan menjamurnya internet, akan tetapi sosialisasi internet di Karawang hanya sekedar netter yang pasif dan belum proaktif. Hal ini terbukti dengan sedikitnya masyarakat karawang yang belum mengenal Blog atau website. Sepenilaian saya, masyarakat Karawang dalam hal internet, belum bisa untuk menjadi Produsen Informasi. Semoga kelak Karawang tidak hanya sebatas itu.......selalu untuk lebih maju.(to be continue)

1 komentar:

  1. Karawang sudah beda beberapa tahun lalu, dulu karawang seperti kawasan yang masih belum terjamah manusia, sekarang pembangunannya luar biasa

    BalasHapus

Cara menulis komentar
1. Ketik komentar Anda pada Kolom dibawah
2. Pilih account login Anda (Email)
3. Klik 'Poskan Komentar'
Saya harap Anda jangan berkomentar dengan bentuk SPAM, karena tidak akan dipublikasina. Jika Anda ingin menautkan link Blog, silakan be Follower (Baca:Cara menjadi followers blog)

Lebih diutamakan pada komentar yang bersifat ingin tahu (bertanya).