Faktor Penyebab Tidak Bisa Tidur atau Insomnia

Tidak bisa tidur atau susah tidur dan atau disebut dengan insomnia walaupun berbeda isitilah atau kata tetapi gejalanya sama, yaitu kesulitan untuk tertidur atau sering terjaga di malam hari. Sehingga hemat saya, istilah itu dikelompokan menjadi satu faham yaitu insomnia.

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional,kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan.Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan.Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Dengan bertambahnya usia, waktu tidur cenderung berkurang. Stadium tidur juga berubah, dimana stadium 4 menjadi lebih pendek dan pada akhirnya menghilang, dan pada semua stadium lebih banyak terjaga. Perubahan ini, walaupun normal, sering membuat orang tua berfikir bahwa mereka tidak cukup tidur.

Pola terbangun pada dini hari lebih sering ditemukan pada usia lanjut. Beberapa orang tertidur secara normal tetapi terbangun beberapa jam kemudian dan sulit untuk tertidur kembali.Kadang mereka tidur dalam keadaan gelisah dan merasa belum puas tidur. Terbangun pada dini hari, pada usia berapapun, merupakan pertanda dari depresi.

Menurut saya pribadi dan yang pernah dialami beberapa faktor penyebab tidak bisa tidur, diantaranya:
  1. Karena memang dalam jangka 1 x 24 jam sudah melakukan tidur.
  2. Dalam situasi dan keadaan lapar (perut kosong).
  3. Stress dan banyak hal yng dipikirkan.
  4. Sibuk dan dalam situasi sedang beraktivitas.
  5. Situasi dan kondisi yang tidak nyaman untuk tidur, baik tempat maupun suasana seperti gaduh.
  6. Pengaruh makanan, minuman dan atau obat yang menyebabkan tidak bisa tidur, seperti caffein, alkohol, dll.
  7. Memiliki kelainan seperti penyakit insomnia itu sendiri.
Referensi lain:
http://id.wikipedia.org/wiki/Insomnia
http://nakinisa.blogspot.com/2010/02/beberapa-faktor-penyebab-insomnia.html
http://www.metris-community.com/penyebab-insomnia/

0 komentar:

Posting Komentar

Cara menulis komentar
1. Ketik komentar Anda pada Kolom dibawah
2. Pilih account login Anda (Email)
3. Klik 'Poskan Komentar'
Saya harap Anda jangan berkomentar dengan bentuk SPAM, karena tidak akan dipublikasina. Jika Anda ingin menautkan link Blog, silakan be Follower (Baca:Cara menjadi followers blog)

Lebih diutamakan pada komentar yang bersifat ingin tahu (bertanya).